Workshop Publikasi Ilmiah Bidang Technology, Informatics, and Engineering

Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University telah mengadakan Workshop Publikasi Ilmiah untuk bidang Technology, Informatics, and Engineering. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (9/3/22) dan Kamis (10/3/22) secara daring melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan dibuka oleh Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis, Dr. Eva Anggraini, S.Pi., M.Si.

“IPB sejak tahun lalu mulai beralih untuk tidak hanya berfokus pada jumlah publikasi, tetapi juga memberikan support lebih khususnya untuk peningkatan kualitas publikasi. Kegiatan Workshop dan Pelatihan seperti ini menjadi tulang punggung dalam kegiatan publikasi ilmiah. Kami mengharapkan peserta untuk dapat berpartisipasi secara aktif dan mengoptimalkan kesempatan yang ada. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk meng-improve naskah yang sudah disiapkan oleh para author. Peran narasumber dan reviewer di sini sangat signifkan bagi peningkatan kualitas naskah para peserta,” jelas Dr. Eva.

Workshop Publikasi Ilmiah Bidang Technology, Informatics, and Engineering kali ini menghadirkan tiga narasumber utama untuk menyampaikan materi di hari pertama. Narasumber pertama yaitu Prof. Dr. Eng. Ir. Taufik Djatna, M.Si (Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian IPB University) yang menyampaikan materi mengenai tips dan trik dalam menulis manuskrip yang berkualitas dan atraktif. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Eng. Wisnu Ananta Kusuma, ST., MT. ( Dosen Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB University) yang menyampaikan materi terkait rambu-rambu etik dalam menulis ilmiah. Penyampaian materi di hari pertama ditutup dengan pemaparan dari Dr. Chusnul Arif, STP., M.Si. (Dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB University), yang membahas materi mengenai perspektif editor jurnal, tips untuk memilih jurnal yang berkualitas, dan cara korespondensi dengan editor dan reviewer.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan di hari kedua, dengan agenda coaching dan pendampingan oleh reviewer, yakni Prof. Dr. Eng. Taufik Djatna, STP., M.Si., Prof.Dr. Imas Sukaesih Sitanggang, S.Si., M.Kom., Dr. Eng. Wisnu Ananta Kusuma, ST., MT., Dr. Chusnul Arif, STP., M.Si., Dr. Puspo Edi Giriwono, S.T.P., M.Agr., dan Dr.Ing. Azis Boing Sitanggang, S.T.P., M.Sc. Para peserta kegiatan dan reviewer masing-masing diberikan waktu di fitur breakout room Zoom untuk saling berdiskusi, dan reviewer memberikan masukan serta saran yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas naskah yang ada.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi para reviewer yang sudah mendedikasikan waktu dan pikirannya untuk membantu me-review naskah yang sudah disediakan para author dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi IPB,” tutur Dr. Eva.

Beberapa peserta menyampaikan kesan dan pesannya terkait kegiatan Workshop Publikasi Ilmiah ini. “Saya sangat berterimakasih kepada DPIS karena telah menyelenggarakan workshop publikasi ilmiah dan memberikan saya kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Di proses coaching, reviewer sangat memperhatikan secara detail letak kekurangan manuskrip saya, jadi saya melihat ini bisa membantu sekali untuk perbaikan manuskrip saya sebelum disubmit,“ ucap salah satu peserta.

Peserta lain menambahkan, “Saya dapat cukup banyak insight baru. Tidak hanya dari sisi penulisan seperti similaritas dan grammar, tapi tadi lebih diberi masukan dari sisi konten atau substansi. Ternyata banyak juga yang masih bisa saya perbaiki untuk naskah saya.”

Rangkaian kegiatan workshop kemudian resmi ditutup oleh Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah DPIS IPB, yaitu drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, Ph.D. DPIS IPB akan terus memantau dan menjalin komunikasi dengan para peserta hingga target publikasi tercapai. (TNA-DPIS)

Leave a Reply

Close Menu