Workshop Publikasi Ilmiah Bidang Health and Life Sciences

Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University telah mengadakan Workshop Publikasi Ilmiah untuk bidang Health and Life Sciences. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (1/3/22) dan Rabu (2/3/22) secara daring melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan dibuka oleh Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis, Dr. Eva Anggraini, S.Pi., M.Si.

“Kombinasi dua kegiatan yaitu penyampaian materi dan coaching, kami kemas dalam sebuah kegiatan yang disebut Workshop Publikasi Ilmiah. Hari ini adalah workshop untuk bidang Health and Life Sciences dengan target peserta mahasiswa, khususnya mahasiswa pascasarjana. Kami mengategorikan Workshop Publikasi Ilmiah ini menjadi beberapa bidang keilmuan, karena spesifikasi karakteristik masing-masing keilmuan yang berbeda,” jelas Dr. Eva.

Workshop Publikasi Ilmiah Bidang Health and Life Sciences kali ini menghadirkan tiga narasumber utama untuk menyampaikan materi di hari pertama. Narasumber pertama yaitu Dr. Mohamad Rafi, M.Si. (Dosen Departemen Kimia,  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB University) yang menyampaikan materi mengenai tips dan trik dalam menulis manuskrip yang berkualitas dan atraktif.  Kemudian dilanjutkan oleh Prof. drh. Bambang Purwantara, M.Sc., Ph.D. (Dosen Fakultas Kedokteran Hewan) yang menyampaikan materi terkait rambu-rambu etik dalam menulis ilmiah. Penyampaian materi di hari pertama ditutup dengan pemaparan dari  Dr. Tuti Suryati, S.Pt., M.Si. (Dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB University), yang membahas materi mengenai perspektif editor jurnal, tips untuk memilih jurnal yang berkualitas, dan cara korespondensi dengan editor dan reviewer.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan di hari kedua, dengan agenda coaching dan pendampingan oleh reviewer, yakni Prof. Dr. Ir. Raden Roro Dyah Perwitasari, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, M.S., Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, M.C.N., Prof. Dr. Lina Karlinasari, M.Sc.F., Prof. drh. Bambang Purwantara, M.Sc., Ph.D., drh. Mokhamad Fakhrul Ulum, M.Si., Ph.D., Dr. Mohamad Rafi, S.Si., M.Si., Dr. Beginer Subhan, S.Pi., M.Si., dan Dr. Ir. Budi Setiawan, M.S. Para peserta kegiatan dan reviewer masing-masing diberikan waktu di fitur breakout room Zoom untuk saling berdiskusi, dan reviewer memberikan masukan serta saran yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas naskah yang ada.

“Kami berharap dalam kegiatan ini para peserta bisa menggali pengalaman dan insight dari para reviewer untuk menyempurnakan naskah yang sudah disiapkan,” tutur Dr. Eva.

Salah satu peserta menyampaikan kesan dan pesannya terkait kegiatan Workshop Publikasi Ilmiah ini.
Reviewer memberi pandangan yang belum tentu tim penulisnya ngeh padahal ini bisa jadi celah saat submit publikasi nanti, jadi bisa diperbaiki dulu. Secara umum, ini acara keren banget ternyata. Saya baru tau ternyata IPB punya program seperti ini. Harus sering-sering dipromosikan,” ucap salah satu peserta.

Rangkaian kegiatan workshop kemudian resmi ditutup oleh Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah DPIS IPB, yaitu drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, Ph.D. DPIS IPB akan terus memantau dan menjalin komunikasi dengan para peserta hingga target publikasi tercapai. (TNA-DPIS)

Leave a Reply

Close Menu