SEAMEO BIOTROP dan DPIS IPB Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer

SEAMEO BIOTROP bekerja sama dengan Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer. Kegiatan diselenggarakan pada 20-21 Juni 2022 secara luring di Ruang Jati, Gedung Utama, SEAMEO BIOTROP di Bogor.

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para peneliti SEAMEO BIOTROP serta Dosen dan Mahasiswa IPB University tentang cara menulis artikel ilmiah populer, dan pentingnya bentuk tulisan ilmiah tersebut sebagai media yang mampu menjangkau masyarakat secara lebih luas. Workshop tersebut secara khusus juga menjadi ajang menjaring artikel ilmiah populer untuk diterbitkan pada Majalah BIODIVERS. Majalah BIODIVERS merupakan majalah ilmiah populer berbahasa inggris terbitan SEAMEO BIOTROP yang dirancang sebagai media publikasi ilmiah populer untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu terkait keanekaragaman hayati tropis dari gunung hingga lautan.

Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis IPB University, Dr. Eva Anggraini, S.Pi., M.Si. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa publikasi ilmiah semakin hari memainkan peranan yang sangat penting, tidak hanya di perguruan tinggi tetapi juga di lembaga penelitian seperti SEAMEO BIOTROP. Oleh karena itu, Workshop kali ini sangat penting untuk menunjang kapasitas peserta dalam melakukan publikasi ilmiah.

“Kami berharap dalam 2 hari ini bisa memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu peserta workshop. IPB University khususnya melalui DPIS IPB siap bekerja sama lebih lanjut dengan SEAMEO BIOTROP dalam bidang publikasi ilmiah,” tutur Dr. Eva.

Kegiatan Workshop dibuka secara resmi oleh Dr. Zulhamsyah Imran selaku Direktur SEAMEO BIOTROP. Dalam sambutannya Dr. Zulham menyebutkan bahwa SEAMEO BIOTROP berfokus di bidang publikasi ilmiah karena salah satu mandat yang diampu adalah mendiseminasikan informasi yang berbasis hasil penelitian.

“Mari kita bersama meningkatkan dan mengaktualisasikan karya-karya dalam bentuk tulisan ilmiah. Mudah-mudahan workshop hari ini yang berkolaborasi dengan IPB University melalui DPIS ini menjadi kegiatan yang bermakna dan menambah skill kita dalam bentuk menulis ilmiah,” pungkas Dr. Zulhamsyah.

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer kali ini menghadirkan tiga narasumber utama untuk menyampaikan materi di hari pertama. Narasumber pertama yaitu Prof. Ir. Teuku Faisal Fathani, Ph.D., IPU., ASEAN Eng. (Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi) yang menyampaikan materi mengenai Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Tulisan Ilmiah Populer. Kemudian dilanjutkan oleh Aline Rogeleonick, S.T., M.T.I. (Biro Kerja Sama dan Humas, Kemendikbudristek) yang menyampaikan materi terkait Membangun Komunikasi Ilmiah Melalui Tulisan Populer. Penyampaian materi di hari pertama ditutup dengan pemaparan dari Prof. Hefni Effendi, M.Phil. (Dosen IPB University), yang membahas materi mengenai Teknik Menulis Artikel Ilmiah Populer.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan di hari kedua, dengan agenda coaching naskah dan pendampingan oleh reviewer. Naskah yang direview merupakan naskah yang akan diseleksi untuk dapat terbit di Majalah BIODIVERS. Para reviewer yang kali ini berpartisipasi merupakan dosen-dosen IPB yang memiliki kepakaran sesuai dengan topik naskah yang akan direview, diantaranya adalah Prof. Budi Indra Setiawan, M.Agr., Prof. Dr. Ir. Sulistiono, M.Sc., Prof. Ali Khomsan, M.S., Prof. Dr. Anja Meryandini, MS., Prof. Dr. Ir. Sobir, M.Si., Prof. Dr. Ir. Nurjanah, M.S., Dr. Yudi Setiawan, SP., M.Env.Sc., dan Dr. Ir. Irzal Effendi, M.Si.

Dr. Zulhamsyah kemudian menutup kegiatan secara resmi. Dalam penutupannya, Dr. Zulhamsyah menyatakan harapannya agar kolaborasi antara SEAMEO BIOTROP dan IPB University bisa berkesinambungan dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Close Menu