Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bidang Sosial dan Ekonomi Batch 8

Direktorat Publikasi Ilmiah dan Kajian Strategis (DPIS) IPB telah mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Batch 8 pada 13 s.d 14 Januari 2020 untuk bidang sosial dan ekonomi. Pelatihan ini diadakan di Ruang Kuliah Eksekutif Mawar Sekolah Pascasarjana IPB Kampus Baranangsiang.  Sebanyak 30 peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini yang terdiri atas 10 dosen dan 20 mahasiswa Pascasarjana IPB.  Kegiatan pelatihan ini turut mengundang Dr. Zulfan Tadjoeddin (Associate Profesor of Development Studies Western Sydney University, Australia), Dr. Amzul Rifin, SP.,MA; Dr. Nia Kurniawati, SP.,M.Si., Dr Toni Irawan, SE, M.Ec.App., dan  Ilham Bayu Widagdo, S.Si. sebagai narasumber.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas Publikasi Internasional bereputasi serta sitasi, baik bagi dosen maupun mahasiswa Pascasarjana IPB di bidang sosial dan ekonomi.

Hari pertama pelatihan diisi dengan materi How to write a successful and attractive manuscript” yang disampaikan oleh Dr. Zulfan Tadjoeddin.  Materi ini disampaikan mulai 09.00 s.d 12.00 WIB. Pada materi ini narasumber memaparkan bagaimana cara menulis sebuah karya ilmiah sehingga bisa sukses dan menarik untuk ilmu sosial dan ekonomi sehingga menjadi sebuah publikasi internasional bereputasi serta sitasi.  Pertama, dimulai dengan ide “mengapa menerbitkan makalah ilmiah (dalam jurnal akademik ilmu sosial dan ekonomi). Kedua, Bagaimana cara melakukannya.  Kemudian dalam penulisan karya ilmiah ada tiga kata kunci dalam penulisan karya ilmiah yaitu good tittle, good structure, dan good writing.  Judul sebuah karya ilmiah hendaknya menunjukkan argumen dari sebuah karya ilmiah. Setelah materi ini, peserta dibekali dengan materi Reference Management yang diberikan oleh Ilham Bayu Widagdo, S.Si.  Materi ini diberikan pada pukul 13.00 – 15.30 WIB.

Pada hari kedua, pelatihan diisi dengan materi “Tips and tricks in preparing manuscript, peer review and correspondence” yang disampaikan oleh Dr. Zulfan Tadjoeddin.   Terdapat dua kiat dan trik menyiapkan naskah, peer review dan korespondensi, pertama pengalaman reflektif dan kedua beberapa empiris. Adanya pengalaman yang reflektif, maka seorang penulis mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses penulisan sebuah karya ilmiah. Penolakan karya ilmiah dari suatu jurnal, dapat menjadi sebuah pengalaman sehingga dapat mengevaluasi kembali proses yang telah dilalui dalam pembuatan sebuah karya ilmiah.  Dengan mengevaluasi proses tersebut penulis dapat mencoba kembali bagaimana untuk membuat sebuah karya ilmiah yang dapat Publikasi tingkat Internasional.

Kegiatan selanjutnya yaitu scientific article coaching yang disampaikan oleh Dr. Amzul Rifin, SP.,MA, Dr. Nia Kurniawati, SP.,M.Si. dan Dr Toni Irawan, SE, M.Ec.App.  Pada kegiatan ini peserta pelatihan dibagi kedalam tiga kelompok, dan setiap peserta yang membawa naskah akademik yang belum terpublikasi di evaluasi oleh narasumber masing-masing kelompok.

Leave a Reply

Close Menu