Kejar Indeksasi Scopus, DPIS IPB Selenggarakan Pendampingan Internasionalisasi Jurnal Lanjutan

Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University mendorong peningkatan kualitas jurnal agar lebih banyak lagi jurnal IPB University yang terindeks Scopus dengan menyelenggarakan pendampingan internasionalisasi jurnal. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pendampingan terhadap empat jurnal IPB yang dillakukan pada bulan Mei-Juni lalu. Empat jurnal tersebut adalah Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (JPSL), Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia (JPHPI), Jurnal Manajemen & Agribisnis (JMA), dan Jurnal Teknologi Industri Pangan (JTIP). Pendampingan internasionalisasi lanjutan diselenggarakan pada Rabu (30/11/22) di IPB International Convention Center (IICC), Bogor.

Kegiatan dibuka oleh Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, Ph.D. selaku Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah, DPIS IPB. Dr. Fitriya menyampaikan pertemuan kali ini akan membahas secara lebih teknis terkait kesiapan setiap jurnal dalam mengajukan indeksasi internasional yaitu Scopus.

“Harapannya hari ini setiap jurnal bisa menyampaikan kesiapannya menuju indeksasi Scopus dan juga dipersilakan berkonsultasi kepada narasumber terkait step-step pengajuannya,” jelas Dr. Fitriya.

Pendampingan kali ini menghadirkan Dr. Efi Yuliati Yovi, M.Sc.F.Trop. sebagai narasumber pendamping. Dr. Yovi membantu para perwakilan jurnal mengkaji progress kesiapan jurnal pada setiap tahapan pengajuan indeksasi, dan merancang action plan yang akan dilakukan jurnal setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan.

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis IPB University, Dr. Eva Anggraini, S.Pi., M.Si. Dalam sambutan penutupnya Dr. Eva menyampaikan bahwa DPIS IPB akan senantiasa melakukan pendampingan, memberikan semangat, dan memfasilitasi para pengelola jurnal untuk memperoleh indeksasi internasional.

“Saya harap apa yang sudah ditargetkan bisa direalisasikan. Kami dari DPIS siap untuk support, jadi apabila ada kebutuhan yang memungkinan untuk dipenuhi DPIS, silakan disampaikan,” tutup Dr. Eva.

 

Leave a Reply

Close Menu