IPB Evaluasi Pencapaian THE Impact Ranking by SDGs di 2019

DPIS-IPB. IPB melakukan pertemuan internal evaluasi hasil THE Impact Ranking by SDGs di Ruang Sidang Rektor. Pertemuan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Direktur Informasi Strategis dan Publikasi Ilmiah, Dekan Fakultas dan Sekolah Pasca Sarjana, Perwakilan Unit dan Pusat Studi terkait, serta tim IPB SDGs Network.

THE Impact Ranking by SDGs bertujuan untuk mengukur kontribusi perguruan tinggi dalam mewujudkan SGDs. Penilaiannya meliputi overall ranking serta ranking untuk setiap SDGs. Overall ranking mempertimbangkan SDGs no 17 terkait partnership serta 3 tujuan SDGs lain yang memiliki skor tertinggi.

Perankingan tahun 2018 didasari pada data submission tahun 2017 dan IPB menitikberatkan pada 5 SDGs, mencakup SDG 5 (Gender Equality), SDG 9 (Industry, Innovation, and Infrastructure), SDG 11 (Sustainable Cities and Communities), SDG 12 (Responsible Consumption and Production), SDG 13 (Climate Action).

Prof. Dodik menyatakan bahwa program serta kegiatan yang dilakukan oleh unit-unit IPB serta dosen dan mahasiswa baik secara kelompok maupun individu telah sangat selaras dan mendukung terwujudnya SDGs. Namun belum seluruh program dan kegiatan tersebut yang didokumentasikan dengan baik serta dipublikasikan, sehingga bukti-bukti yang meyakinkan tidak bisa ditunjukkan. Oleh karena itu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi ini mengajak seluruh unit-unit IPB untuk aktif mengelola website dengan menampilkan informasi tentang program-program yang telah dijalankan.

Prof. Anas Miftah Fauzi selaku Koordinator WUR IPB menyampaikan evaluasi terkait dengan pencapaian ranking IPB dalam THE Impact Ranking by SDGs tahun 2019. Secara umum, pencapaian IPB dalam perankingan tahun 2019 ini cukup baik. Berdasarkan masing-masing kategori, beberapa tujuan SDGs berada di peringkat 100 besar, yaitu SDG 9, SDG 12 dan SDG 13 yang masing-masing berada pada peringkat 78, 74 dan 80. Sedangkan secara nasional, hasil overall ranking menempatkan IPB berada di posisis ke-4. Pada penilaian per kategori menempatkan IPB pada posisi pertama untuk kategori SDG 11 (Sustainable cities and communities) dan SDG 13 (Climate action). Untuk overall ranking, IPB masih berada pada rentang peringkat 201-300 secara global.

Penilaian SDG 17 sebagai komponen wajib yang rendah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan ranking IPB secara keseluruhan masih belum memuaskan. Untuk itu, Dr. Eva Anggraini selaku Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis menyampaikan perlunya dibangun mekanisme yang efektif dalam pengumpulan data, informasi serta bukti-bukti program atau kegiatan dari seluruh unit di lingkungan IPB.

Evidence untuk kedepannya perlu diperkuat baik dalam bentuk foto, tautan berita, dokumen, laporan, data yang dirilis ke public serta policy/kebijakan perguruan tinggi yang mendukung SDGs”, tutur Prof. Anas. Dekan Sekolah Pascasarjana ini menuturkan bahwa ke depannya diharapkan agar IPB dapat memasukkan semua komponen SDGs dalam pelaporan THE Impact Ranking by SDGs ini. (AF/EA)

Leave a Reply

Close Menu