DPIS IPB University Menyelenggarakan Pendampingan Internasionalisasi Jurnal-jurnal IPB

IPB University berkontribusi dalam pembangunan bangsa melalui penelitian-penelitian kreatif, inovatif dan dengan dampak yang nyata. Hasil-hasil penelitian ini dipublikasikan secara luas dalam skala nasional dan internasional. IPB University menyediakan berbagai jurnal ilmiah berkualitas sebagai tempat untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian sivitas akademika IPB dan para dosen/peneliti nasional maupun mancanegara. Saat ini sebanyak 51 jurnal ilmiah IPB telah terakreditasi Nasional/SINTA, dan terdapat 3 jurnal internasional IPB yang telah terindeks Scopus. Oleh karena itu, DPIS IPB terus mendorong peningkatan kualitas jurnal agar lebih banyak lagi jurnal IPB yang terindeks Scopus sehingga dapat mendukung visibilitas dan kiprah IPB di tingkat global. Salah satu bentuk upaya DPIS dalam hal ini adalah dengan menyelenggarakan pendampingan internasionalisasi jurnal IPB.

Kegiatan pendampingan internasionalisasi jurnal pada tahun 2022 ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan kick off berupa Workshop Internasionalisasi Jurnal yang telah dilaksanakan pada 24 Maret 2022 lalu. Tahun ini DPIS IPB akan secara intensif mendampingi lima jurnal dalam proses persiapan menuju indeksasi Scopus. Lima jurnal tersebut adalah Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Jurnal Teknologi Industri Pertanian, dan Jurnal Manajemen Agribisnis.

Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, Ph.D., selaku Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah DPIS IPB University menyampaikan bahwa luaran yang diharapkan dari program pendampingan ini adalah para jurnal yang dinilai cukup siap menuju internasionalisasi dapat mengoptimalkan pengelolaan dan program-program yang dimiliki agar lebih siap untuk mengajukan indeksasi Scopus.

“Para pendamping akan mengkaji poin-poin yang masih perlu dioptimalkan untuk memastikan setiap jurnal siap menuju indeksasi Scopus,” jelas Dr. Fitriya dalam pembukaan acara.

Proses bedah jurnal secara daring dilakukan melalui platform Zoom Meeting dengan dipandu oleh para narasumber pendamping dan dihadiri para Chief Editor, perwakilan anggota tim Editor serta tim teknis pengelola masing-masing jurnal. Pada 24 Mei 2022 telah dilaksanakan pendampingan kepada Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management) yang didampingi oleh Dr. Efi Yuliati Yovi, S.Hut., M.Life.Env.Sc. (Chief Editor Jurnal Manajemen Hutan Tropika). Pada tanggal yang sama dilakukan pendampingan oleh Dr. Berry Juliandi, S.Si., M.Si. (Anggota Komite Publikasi IPB University) terhadap Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia. Pada 25 Mei 2022, dilaksanakan pendampingan terhadap Jurnal Teknologi dan Industri Pangan yang didampingi oleh Prof. Dr. Ir. I Komang Gede Wiryawan (Chief Editor Tropical Animal Science Journal). Pendampingan terhadap Jurnal Teknologi Industri Pertanian dan Jurnal Manajemen Agribisnis dilakukan pada 2 Juni 2022 oleh Dr. Ir. Iman Rusmana, M.Si. (Chief Editor Hayati Journal of Biosciences).

Selain memfasilitasi bedah jurnal dan pendampingan intensif oleh para narasumber pendamping, DPIS IPB juga menyediakan beberapa bantuan lain untuk menunjang persiapan menuju kesiapan proses indeksasi, diantaranya adalah bantuan dana, optimalisasi tampilan situs, serta layanan lainnya yang difasilitasi oleh Rumah Publikasi IPB. DPIS IPB berkomitmen untuk terus mendukung dan memantau kesiapan masing-masing jurnal hingga tujuan perolehan indeksasi Scopus dapat dicapai.

Leave a Reply

Close Menu