DPIS IPB Menyelenggarakan Workshop Publikasi Ilmiah “Meta-Analysis for Life Science Research” Bagi Para Dosen IPB

 

Workshop Publikasi Ilmiah “Meta-Analysis for Life Science Research” merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi strategis (DPIS) IPB University pada Selasa (12/7/22) di Swissbel-Hotel, Bogor. Peserta kegiatan merupakan 18 tim penulis yang masing-masing terdiri dari dua orang dosen IPB University. Peserta kegiatan workshop telah memiliki ide topik untuk dikaji menggunakan pendekatan meta-analysis.

 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University, yaitu Dr. Eva Anggraini, S.Pi., M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Eva membahas terkait pentingnya pendekatan meta-analysis yang merupakan bagian dari metode systematic review. Dari sisi praktis, systematic review adalah salah satu sarana untuk publikasi yang sangat efektif dan memberikan dampak yang cukup tinggi. Artikel ilmiah dalam bentuk systematic review berbasis data sekunder memberikan kajian dan analisis komprehensif terhadap suatu permasalahan ilmiah sehingga seringkali menjadi artikel acuan dengan tingkat keterbacaan dan sitasi yang tinggi.

 

“Kami sangat berharap hari ini kita semua bisa benar-benar belajar. Semoga dari 18 judul naskah yang pada hari ini diusulkan oleh 36 orang dosen IPB, bisa terealisasi semua. Kita sama-sama bekerja untuk meningkatkan kinerja publikasi ilmiah IPB,” tutur Dr. Eva dalam sambutannya.

 

Workshop Publikasi Ilmiah “Meta-Analysis for Life Science Research” kali ini mengundang Prof. Anuraga Jayanegara, S.Pt., M.Sc. sebagai narasumber. Prof. Anuraga membahas tuntas materi terkait pendekatan meta-analysis. Pemaparan materi terdiri dari konsep meta-analisis, menentukan ide meta-analysis, pencarian dan pemilahan literatur. Workshop meliputi praktik membuat database (meta-data), analisis data menggunakan software, dan interpretasi hasil. Kegiatan tersebut kemudian ditutup secara resmi oleh Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, Ph.D. selaku Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah DPIS IPB.

 

DPIS IPB menargetkan luaran dari kegiatan berupa artikel yang dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional yang terindeks Scopus. Oleh karena itu, kegiatan tersebut akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan coaching manuskrip yang akan diselenggarakan pada September mendatang. Selain itu, pendampingan layanan dari DPIS IPB seperti akses edit bahasa dan cek similaritas akan terus disalurkan kepada peserta workshop selama bulan September-Oktober 2022.

Leave a Reply

Close Menu