DPIS IPB Gelar PubliCamp Batch 9 Khusus Untuk Dosen IPB

Direktorat Publikasi Ilmiah dan Publikasi Ilmiah (DPIS) IPB University kembali menyelenggarakan Publicamp Batch 9 khusus untuk para dosen IPB pada 26-28 Juli 2022 bertempat di Amanuba Hotel & Resort, Bogor. Publicamp merupakan agenda rutin DPIS IPB yang memungkinkan para peserta memiliki waktu intensif untuk menyelesaikan draf manuskrip disertai dengan penyediaan help desk penggunaan fasilitas dan layanan dari Rumah Publikasi DPIS IPB untuk mendukung kualitas manuskrip tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan output artikel ilmiah yang siap dipublikasikan pada jurnal-jurnal bereputasi terindeks Scopus minimal pada level Q3.

Dr. Eva Anggraini, S.Pi., M.Si., selaku Direktur Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis IPB University membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutan pembukaannya, Dr. Eva menyebutkan bahwa saat ini di bidang publikasi ilmiah IPB University sudah bertransformasi, tidak lagi berfokus utama pada jumlah publikasi, namun telah beralih ke peningkatan kualitas serta dampak yang diukur dengan sitasi.

“Kegiatan Publicamp ini dilakukan untuk memberikan waktu yang kondusif bagi para dosen agar bisa melakukan finalisasi dari artikelnya, didukung coaching dengan para reviewer untuk meningkatkan kualitasnya, yang kemudian peserta bisa melakukan submit ke jurnal ilmiah yang dituju,” jelas Dr. Eva.

Kegiatan Publicamp batch 9 ini melibatkan 24 dosen penulis serta 11 dosen yang berperan sebagai reviewer. Secara garis besar, kegiatan terdiri dari tutorial penggunaan piranti Mendeley sebagai salah satu aplikasi reference manager (bagi peserta yang masih membutuhkan pendampingan penggunaannya), pelaksanaan coaching clinic dengan para reviewer, sesi briefing dan saling sharing oleh peserta dan reviewer, serta kerja mandiri. Sesi coaching clinic merupakan sesi yang mempertemukan peserta dengan reviewer-nya masing-masing. Pada sesi ini, reviewer memberikan komentar, masukan, dan saran untuk perbaikan manuskrip peserta. Sementara itu, sesi briefing dan sharing dilakukan di setiap harinya untuk memonitor perkembangan progress penulisan manuskrip para peserta dan saling memberikan tips dan tricks penulisan manuskrip ilmiah.

Sesi briefing di hari kedua Publicamp dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama, dan Hubungan Alumni, yakni Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop. Prof. Dodik memberikan  tips menulis artikel ilmiah yang menarik bagi para peserta kegiatan. Prof. Dodik juga menyampaikan arahan sekaligus masukan kepada para peserta terkait pemilihan jurnal  sebagai target penerbitan artikel ilmiah.

Kegiatan di hari terakhir ditutup dengan pemaparan progress setiap peserta disertai dengan target waktu masing-masing untuk melakukan submit manuskrip ke jurnal ilmiah yang dituju. Setelahnya, kegiatan resmi ditutup oleh Dr. Eva yang mengungkapkan harapannya terkait target-target yang telah dipaparkan oleh peserta agar dapat terealisasi.

Beberapa peserta menyampaikan kesannya terkait kegiatan yang dilaksanakan ini.

“Kegiatan publicamp ini sangat penting untuk bisa fokus melakukan penulisan. Acara ini sebaiknya dilakukan secara reguler disertai dengan variasi reviewer dan materi,” ujar salah satu peserta.

“Di acara ini saya belajar lebih banyak lagi bagaimana proses memperbaiki draf manuskrip publikasi sehingga bisa sampai submit ke jurnal yang kita inginkan. Saya harap kegiatan ini terus dilaksanakan oleh DPIS dan membuka kesempatan lebih banyak lagi bagi dosen-dosen iPB untuk mengikuti kegiatan ini,” lanjut peserta lainnya.

Leave a Reply

Close Menu