DPIS IPB Gelar Pelatihan Penulisan Ilmiah Bidang Natural Science

IPB berupaya selalu dalam meningkatkan jumlah publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi maupun peningkatan sitasi. Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB telah menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel ilmiah bidang Natural Science secara daring untuk dosen maupun mahasiswa pascasarjana IPB belum lama ini (16-17 dan 22-23 Februari 2021). Sebanyak 35 mahasiswa dan 14 dosen mengikuti pelatihan tersebut, setelah sebelumnya diseleksi dengan memperhatikan syarat yaitu: 1) Memiliki manuskrip berbahasa inggris, 2) Target jurnal publikasi terindeks Scopus, dan 3) Berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian pelatihan.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut menghadirkan beberapa reviewer dari Komite Publikasi IPB, diantaranya Dr Nancy Dewi Yuliana, STP, MSc, Dr Anuraga Jayanegara, SPt, MSc, Dr Mohamad Rafi, SSi, M.Si, Dr Ir Achmad Farajallah, MSi, Dr Waras Nurcholis, SSi, MSi, Prof Dr Ir Suminar Setiati Achmadi, MSc, Dr Ir Raden Roro Dyah Perwitasari, MSc, dan Prof Dr Lina Karlinasari, SHut, MScF.

Pelatihan berlangsung lancar dan diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta. Setiap peserta juga mendapatkan layanan sesi couching individu bersama reviewer. “Pelatihan ini benar – benar membantu kami dalam memahami dengan baik tips dan trik menulis artikel ilmiah yang baik dan atraktif,” jelas Muhammad Ghazi Agam, peserta dari mahasiswa Program Studi Magister Agrononomi dan Holtikultura.

Dr Mohamad Rafi, Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah yang juga merupakan reviewer, menyampaikan pentingnya merangkai tulisan yang mengalir dan mudah dipahami, memperhatikan struktur tulisan, dan substansinya. Ia juga menekankan pentingnya menggunakan sitasi terbaru, yaitu maksimal 10 tahun terakhir dengan lebih dari 80 persen sitasi primer.

Hindari menggunakan sitasi sekunder, pastikan pembahasan sesuai dengan data, tujuan serta relevan, pungkas Mohamad Rafi saat menyampaikan materi “Menulis Artikel Ilmiah yang Baik dan Komunikatif”.

Prof Dr Ir Suminar Setiati Achmadi, MSc menguraikan pentingnya selalu membaca fokus dan ruang lingkup jurnal yang dituju, dan mentaati dengan baik panduan sejak awal penyiapan naskah. Hal ini perlu diperhatikan, sebab editor dan mitra bestari tidak rela membuang waktu untuk naskah yang buruk, papar Suminar.

Dua masalah etika terpenting dalam penulisan ilmiah, yaitu plagiarisme dan kepengarangan, untuk menghindari kesalahan ilmiah dan mencapai kesuksesan dalam publikasi ilmiah, jelas Raden Roro Dyah Perwitasari, salah satu reviewer dari Komite Publikasi IPB.

Salah satu peserta, Dr Ir Lili Dahliani, MM, MSi dosen Sekolah Vokasi IPB menyampaikan, “pelatihan kali ini benar – benar membuat saya puas, apalagi didukung oleh reviewer yang telaten, sabar dan pelayanan yang baik dari tim DPIS IPB”. Saya juga semakin semangat dalam menulis, tambah Lili Dahliani. Sekian.

Leave a Reply

Close Menu